Bertugas Jadi Inspektur pada Peringatan Hari Perhubungan Nasional, Bupati Sampaikan Amanat Menhub

  • Share



LOMBOK TIMUR | FMI.COM – Bupati Kabupaten Lombok Timur HM. Sukiman Azmy menjadi inspektur pada upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022, tingkat Kabupaten Lombok Timur, Senin 19 September 2022.

Sebelum membacakan amanat Menteri Perhubungan, Bupati menyampaikan apresiasinya kepada jajaran perhubungan yang hadir pada upacara tersebut. Karena itu, ia berharap kegiatan tesebut dapat membangkitkan semangat untuk mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam amanat yang dibacakan Bupati menyampaikan bahwa di tengah pemulihan pandemi covid-19, di mana banyaknya negara yang mengalami krisis ekonomi dengan tingkat inflasi yang tinggi, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil melewati krisis tersebut.

Pencapaian positif juga diraih di sektor transportasi nasional. Berdasarkan data BPS, sektor transportasi berhasil tumbuh 21,27 persen di kuartal kedua tahun 2022 dan memberi sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,44%.

Namun di satu sisi, Menteri mengaku masih banyak yang harus dibenahi. Selain banyaknya pembangunan yang harus segera dituntaskan, juga masih banyak pekerjaan rumah dalam hal peningkatan keselamatan transportasi.

“Perlu lebih agresif lagi untuk menciptakan integrasi antar moda di seluruh Indonesia,” katanya.

Menurutnya, segala tantangan tersebut tidak bisa dihadapi tanpa adanya kolaborasi, saling bahu-membahu, dan sinergi antar pemangku kepentingan untuk kembali membangkitkan peran transportasi.

Semua itu, sebut dia, untuk menopang berbagai sektor kehidupan masyarakat yang berdampak pada terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur. Hal itu sejalan dengan tema yang diangkat pada peringatan Harhubnas tahun ini, “Bangkit Maju Bersama.”

Menteri juga menggaungkan sebuah pepatah yang berbunyi “Sebatang lidi akan mudah dipatahkan, tapi segenggam lidi akan sulit diruntuhkan.” Ia berharap peringatan Harhubnas tahun ini melibatkan stakeholder, operator, asosiasi dan regulator juga penanggung jawab utama.

Rangkaian peringatan hari Perhubungan nasional diramaikan berbagai kegiatan mulai dari kegiatan seni, olahraga, kampanye keselamatan transportasi, hingga bakti sosial.

Pada upacara yang berlangsung di halaman kantor Dinas Perhubungan itu dilakukan pula penyerahan penghargaan kepada juru parkir dan petugas Turjawali, penyerahan life jacket dan pas kecil kapal bagi nelayan, penyerahan sertifikat akreditasi A pengujian kendaraan bermotor dari kepala Dishub kepada Bupati, serta peninjauan pengujian kendaraan bermotor oleh Bupati Lotim, Kepala Dinas Perhubungan bersama tamu undangan.

Selain itu dilakukan pula penyerahan paket bantuan kepada yatim piatu di lingkungan sekitar Dishub Lotim.***

  • Share
Exit mobile version