Tim PKMS UGR Lotim Melatih Pembudidaya Ikan Reban Batu Lenek dalam Pengembangan Usaha Berbasis Kemitraan

  • Share

LOMBOK TIMUR | FMI.COM – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Stimulus (PKMS) Universitas Gunung Rinjani Tahun 2022 melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam upaya pengembangan usaha budidaya ikan nila berbasis kemitraan.

Tim PKMS Universitas Gunung Rinjani ini terdiri dari Mohammad Subhan, S.Pi., M.Si, Rasyid R Hamidy, M.Pd dan Abdul Majid Junaidi, M.Pd.

Dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan ini, mereka bermitra dengan kelompok pembudidaya ikan reban batu Desa Lenek, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur.

Dari informasi yang dihimpun, kelompok ini mempunyai usaha budidaya ikan nila dengan sistem air deras.

Bahkan potensi pengembangan budidaya ikan nila di Desa Lenek sangat potensial, karena didukung oleh ketersediaan lahan dan debit air sepanjang tahun.

Pendampingan dilaksanakan dalam upaya menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh pembudidaya ikan.

Adapun kegiatan pendampingan dilakukan meliputi pendampingan administrasi kelompok, teknologi produksi dan akses kemitraan yang berhubungan dengan budidaya ikan seperti kemitraan pengadaan pakan dan akses pasar.

Ketua Kelompok, M. Yasin merasa bersyukur adanya pelatihan dan pendampingan dalam upaya pengembangan usaha budidaya ikan nila berbasis kemitraan dari Tim PKMS Universitas Gunung Rinjani.

“Dengan pendampingan ini, pembudidaya ikan Reban Batu bisa meningkatkan kuantitas produksi dan memahami pentingnya administrasi,” ujarnya

Bahkan, kata dia, kelompok pembudidaya juga dapat memahami teknik budidaya dan cara membangun jejaring kemitraan.


Ucapan terimakasih juga disampaikan kepala Desa Lenek, Suardi kepada Tim PKMS. Bahkan ia berharap kegiatan kemitraan dapat menjadi momentum bagi masyarakat pembudidaya untuk maju.

Dalam kegiatan tersebut, anggota kelompok pembudidaya Ikan Reban Batu nampak sangat antusias mengikuti pelatihan yang sekaligus dirangkai dengan praktik lapangan.***

  • Share
Exit mobile version