banner 728x250

48 Persen Masyarakat Lotim Puas Terhadap Pemerintahan SUKMA

  • Share

LOMBOK TIMUR | FMI.COM – Sebanyak 48,4 persen masyarakat Lombok Timur merasa puas atas kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten setempat. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Global Nusantara Riset (GNR) pada akhir tahun 2022 lalu.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif GNR, Dedy Febry Rachman, M.Pd melalui keterangan tertulisnya yang disampaikan kepada media ini, Sabtu 21 Januari 2023.

Menurut Dedy, survei tersebut dilakukan dalam rangka memotret kepuasan publik Lombok Timur terhadap kinerja Pemerintah Daerah di bawah Kepemimpinan Paket Sukiman dan Rumaksi (SUKMA).

“Mengingat akhir tahun 2023 kepemimpinan SUKMA akan berakhir, maka kami merasa perlu untuk memotret sejauh mana publik menilai pemerintahan yang dijalankan oleh Bupati HM. Sukiman Azmy dan Wakil Bupati H. Rumaksi, Sj selama empat tahun memimpin Lombok Timur,” terang Peneliti Muda ini.

Dedy menerangkan bahwa survei oleh lembaganya tersebut dilakukan pada bulan Desember 2022 yang lalu dengan sampel 400 responden yang dipilih dengan metode Stratified Multistages Random Sampling dengan margin of error 4,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei dilakukan oleh surveyor terlatih yang melakukan wawancara tatap muka pada responden di desa terpilih yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

Dedy menjelaskan, pada survei tersebut responden ditanya pendapat mereka atas kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur di bawah kepemimpinan HM. Sukiman Azmy dan H. Rumaksi, SJ. “Hasilnya ditemukan bahwa sebanyak 48,4 persen publik Lombok Timur mengaku puas,” jelasnya

Diakui oleh Dedy, angka tersebut didapat dari gabungan 45,6 persen yang merasa cukup puas dan 2,8 persen merasa sangat puas. “Sebanyak 48,4 persen publik Lombok Timur merasa puas dengan kinerja Pemerintah di bawah kepemimpinan H.M. Sukiman Azmy dan H. Rumaksi, SJ,” ungkapnya.


Peneliti muda tersebut menambahkan, sebanyak 23,5 persen publik Lombok Timur merasa tidak puas atas kinerja Pemerintah Daerah Lombok Timur. Ini gabungan dari angka yang menjawab kurang puas 18,7 persen dan sangat tidak puas 4,8 persen. Semenatara itu, sebanyak 28,1 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

“Masyarakat yang merasa tidak puas atas kinerja Pemerintah daerah Lombok Timur sebanyak 23,5 persen,” imbuhnya.

Dedy berharap hasil survei yang dilakukan oleh lembaganya tersebut bisa menjadi bahan evaluasi oleh Pemerintah Daerah Lombok Timur untuk memperbaiki kinerja pemerintahannya pada sisa kurang dari satu tahun ke depan.

Mengingat, kata Dedy, pada bulan September nanti HM. Sukiman Azmy dan H. Rumaksi akan berakhir masa jabatannya.

“Dalam waktu yang terbilang singkat tersebut semoga ada perbaikan kinerja yang tentunya akan meningkatkan kepuasan masyarakat Lombok Timur,” harapnya.

Untuk diketahui, Global Nusantara Riset (GNR) merupakan lembaga survei yang berdomisili di Lombok Timur. Didukung dengan tenaga ahli dengan kualifikasi akademik memadai dan kaya pengalaman, GNR aktif melakukan penelitian dalam bidang sosial, politik, riset pasar dan bidang lainnya. ***

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: