banner 728x250

Ini Pesan Sekda Lotim pada 95 Peserta Pelatihan Dasar CPNS

  • Share

LOMBOK TIMUR | FMI.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur HM. Juaini Taofik membuka pelatihan dasar (Latsar) calon pegawai negeri sipil (CPNS) golongan II dan III angkatan III, IV dan V Kabupaten Lombok Timur tahun anggaran 2023.

Latsar diikuti 95 peserta dan diselenggarakan pada Selasa, 24 Januari 2023 di Pendopo Bupati.

Latsar ini bertujuan mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul, bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Membuka sambutannya, Juaini menceritakan keberadaan sebagai aparatur sipil negara (ASN) saat ini tidak lagi sekadar bentuk pengabdian mengingat profesi ini terus berkembang. “ASN juga dituntut profesional, termasuk para CPNS yang mengikuti Latsar ini,” ujarnya

Sekda juga mengingatkan tujuan pelaksanaan Latsar, termasuk menanamkan core values ASN adalah BERAKHLAK. Ia kemudian menguraikan satu persatu core values tersebut yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. “Kata kuncinyanya adalah atas nama pelayanan PNS ini ada,” kata dia.

Sementara akuntabel, jelas dia, digambarkan sebagai sikap tingkah laku yang didasari aturan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Sedangkan terkait kompeten, Ia yakin para peserta sudah memenuhi hal itu karena sudah berhasil melewati berbagai tes dan menjadi peserta terbaik diantara yang terbaik.

Selanjutnya harmonis diterjemahkan sebagai kemampuan menciptkan dan menjaga kondisi nyaman di lingkungan kerja masing-masing. Nilai berikutnya adalah loyalitas. Terkait ini Sekda mengingatkan bahwa seorang ASN sudah seharusnya loyal kepada pimpinan dan lebih tinggi lagi kepada NKRI.

Menyinggung adaptif, jelas Sekda, ASN harus mampu beradaptasi kaitannya dengan tugas dan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.

Terakhir, kolaboratif, dimaknai sebagai kemampuan bekerja sama dengan berbagai pihak guna memberikan pelayanan yang lebih baik.

Menutup sambutannya, Sekda berharap Latsar yang merupakan kerja sama dengan BPSDMD Provinsi NTB tersebut merupakan fondasi dalam perjalanan karir para peserta sebagai ASN ke depan.


Ditempat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Provinsi NTB H. Azhari menambahkan bahwa core values ASN bertujuan memakmurkan masyarakat.

Ia juga menaruh harap agar peserta menjunjung tinggi core values tersebut untuk diaplikasikan dalam tugas dan pengabdian.

Disaksikan pimpinan OPD lingkup Pemda Kabupaten Lombok Timur yang hadir pada kesempatan tersebut, Sekda menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada dua orang peserta Latsar.***

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: