banner 728x250

Partai Demokrat Usung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden

  • Share


LOMBOK TIMUR | FMI.COM – Menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang, setiap partai politik tentu mempersiapkan figur atau tokoh, baik dari internal maupun eksternal partai untuk dicalonkan sebagai Presiden dan wakil presiden Indonesia, begitupun dengan partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono.

Sikap politik Partai Demokrat dalam menetapkan bakal calon presiden pada Pemilu 2024, menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Nusa Tenggara Barat Indra Jaya Usman (IJU) kini telah terjawab.

Hal itu juga ditegaskan oleh Ketua DPD Demokrat NTB, dalam rapat pimpinan cabang (Rapimcab) dewan pimpinan cabang (DPC) kabupaten Lombok Timur yang digelar di kediaman H. Lalu Satriadi, Rarang, Kecamatan Terara, Sabtu 28 Januari 2023.

“Sikap Partai Demokrat dalam bursa calon presiden sudah disimpulkan. Anies Baswedan adalah satu-satunya nama yang akan kami usung,” ungkapnya.

Pernyataan ini tentu berbeda dengan sikap DPD Partai Demokrat NTB selama ini yang selalu mendorong nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai presiden mendatang.

“Saya kira masyarakat NTB dapat melihat kebesaran hati, sikap kenegarawanan, dan komitmen AHY dalam memperjuangkan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi,” kata IJU.

Namun Demokrat NTB, jelas IJU, akan berupaya maksimal agar nama AHY masuk dalam bursa calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan.

“Bagaimanapun, kami tidak bisa mengesampingkan aspirasi masyarakat dan kader yang menginginkan AHY memimpin bangsa ini,” ujarnya.

Di sisi lain IJU mengakui Partai Demokrat akan memberikan keleluasaan kepada Anies Baswedan untuk menentukan sendiri siapa yang bakal mendampinginya sebagai calon wakil presiden.

“Sebagai aspirasi, tentunya wajar jika Demokrat NTB menyodorkan nama bakal calon wakil presiden berdasarkan pada kemampuan, prestasi, dan dedikasinya terhadap bangsa dan negara,” kata IJU.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono telah menyatakan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden yang akan diusung. “Bagi Demokrat, mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan,” ujarnya.

Pernyataan AHY itu mempertegas pandangan Partai Demokrat yang selaras dengan sikap Nasdem dan PKS, yang juga mengusung Anies Baswedan.

Ketiga partai juga telah membentuk Tim Kecil untuk merancang koalisi perubahan yang disemangati perubahan dan perbaikan terhadap kondisi bangsa dan negara.

AHY mengungkapkan koalisi yang dibangun semakin mendekati tahap final untuk segera dideklarasikan.

Dia menilai rentang waktu komunikasi lebih dari enam bulan sudah cukup untuk mengambil keputusan penting dan fundamental.

“Hasil keliling saya ke berbagai daerah, banyak masyarakat yang bertanya-tanya kapan Koalisi Perubahan terbentuk,” ujarnya.****

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: