banner 728x250

HIMPAUDI Lotim gelar rapat Evaluasi Pelaksanaan PAUD Holistik Integratif Tahun 2021

  • Share
banner 468x60

Lombok Timur – FMI.Com. Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Lombok Timur gelar rapat Pelaksanaan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif (03/12/21)

Usman saat dikonfirmasi melalui via WA menyampaikan bahwa berdasarkan Peraturan Presiden no. 60 tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif serta norma, standar, prosedur dan kriteria PAUD HI menitikberatkan pada tugas dan tanggung jawab dari semua pihak yang dilaksanakan secara terintegrasi dan menyeluruh terhadap hak tumbuh kembang anak usia dini.

banner 336x280

Lebih lanjut, dengan diterbitkannya Peraturan Presiden No. 60 Tahun 2013 tentang perkembangan anak usia dini Holistik Integratif, maka semua lintas sektor memiliki tugas dan fungsi masing-masing untuk hadir di PAUD dalam rangka pemenuhan tumbuh kembang anak, menjamin terpenuhi Holistik Integratifnya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

PAUD Holistik Integratif (HI) adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat, tuturnya kepada awak media

Adapun tujuan PAUD Holistik Integratif secara umum adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia, sedangkan secara khusus adalah : (1) terpenuHolistik Integratifnya kebutuhan esensial anak usia dini secara; (2) terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah, dan eksploitasi di manapun anak berada; (3) terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan selaras antar lembaga layanan terkait, sesuai kondisi wilayah; dan (4) terwujudnya komitmen seluruh unsur terkait yaitu orang tua, keluarga, masyarakat, Pemerintah dan Pemerintah Daerah

Menurut Usman Ketua Himpaudi Lotim, pengembangan PAUD holistik integratif juga bertujuan memenuHolistik Integratif 5 pilar hak anak. Mulai dari hak anak untuk terHolistik Integratifndar dari penyakit, serta hak terpenuHolistik Integratif kecukupan gizi agar dapat bereksplorasi dan mengembangkan kemampuan otaknya dengan maksimal. Selain itu, anak juga perlu distimulasi sedini mungkin, mendapatkan pengasuhan yang baik, serta hak mendapatkan perlindungan dari kekerasan fisik dan psikologis.

Layanan PAUD holistik integratif ini meliputi pengembangan karakter, pengembangan aspek dalam bidang agama dan moral, motorik kasar dan halus, kognitif, serta bahasa dan sosial-emosional. Metode ini juga menekankan layanan kesehatan dan gizi, serta stimulasi. Selain itu, layanan PAUD ini memiliki konsep program berbasis keluarga dan komunitas.

Usman dengan tegas mengatakan, tentu dengan ini sangat mendorong Pemerintah Daerah Lombok Timur segera membentuk tim gugus tugas agar stekholder terkait bertanggung jawab pada tupoksinya untuk melaksanakan tugas lebih baik dan efisien dalam pelayanan pengembangan anak usia dini, tutupnya. (DW)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: